Sabtu, 29 Januari 2011

Tahukah Anda 5 Fakta tentang Lamborghini




Lamborghini sudah identik dengan mobil mewah, sporty dan mahal. Line-up yang diluncurkannya selalu menjadi sorotan dunia seperti Lamborghini Diablo, Gallardo dan Murcielago yang menjadi buah bibir dunia otomotif, tidak terkecuali Indonesia. Berikut ini adalah 5 fakta mengenai Lamborghini yang jarang diangkat dalam topik pembicaraan.

Fakta 1
Tahukah anda bahwa Lamborghini tercepat yang dilaporkan dapat mencapai top speed of 370 km/jam adalah Murcielago R-GT versi Le Mans. Sedangkan unit komersial yang dijual umum tercepat adalah Murcielago LP640 dengan top speed 340 km/jam. Keduanya menggunakan mesin V12 lebih dari 6000cc.

Fakta 2
Tahukah anda bahwa dulunya Lamborghini adalah perusahaan independen tetapi bangkrut pada tahun 1978 dan kemudian dijual ke Chrysler. Pada tahun 1998 perusahaan Jerman, Audi AG, menjadi pemilik sah Lamborghini.

Fakta 3
Hampir semua mobil Lamborghini diproduksi dengan mesin V12 meskipun model terbarunya, Gallardo, menggunakan mesin V10. Tidak pernah ada Lamborghini dibuat dengan mesin kurang dari V8.

Fakta 4
Tahukah anda bahwa Lamborghini pertama diproduksi pada tahun 1963 dan diberi nama 350GTV dengan top speed 280 km/jam. Untuk tahun 1963 350GTV termasuk kategori sangat cepat. Lamborghini pertama yang sanggup mencapai diatas 300 km/jam dibuat pada tahun 1974 dan diberi nama Countach.

Fakta 5
Tahu kah anda bahwa Countach, Diablo dan Murcielago semuanya menggunakan pintu gunting namun Gallardo tidak. Diablo dan Countach sudah tidak diproduksi lagi sehingga satu-satunya Lamborghini yang masih diproduksi dan menggunakan pintu gunting hanyalah Murcielago.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar